Jalan Hidup

Seorang pemimpin adalah pribadi biasa yang kesungguhannya tidak biasa dalam menjadikan dirinya pelayan bagi kebaikan hidup orang banyak

My Village

Sesekali berhentilah sekedar untuk bersantai. Bukan untuk terlena, namun membangun semangat untuk perjuangan berikutnya

Kebahagiaan

Tujuan hidup kita bukanlah untuk menjadi berbahagia. Tujuan hidup kita adalah untuk menjadi sebab bagi kebahagiaan, bagi diri sendiri dan bagi sebanyak mungkin orang lain.

My Family

Kekuatan cinta yang tulus mampu menggerakkan lisan untuk senantiasa berterima kasih kepada pasangan, anak ataupun ibu-bapaknya.

Kekayaan Hidup

Cinta tak pernah mensyaratkan kesempurnaan. Karena cinta adalah menerima, memahami, dan rela berkorban demi kebahagiaan bersama.

Selasa, 22 Mei 2012

Membesarkan Anak Itu Pekerjaan Yang Membahagiakan

Jakarta, Banyak pasangan menikah yang berpikir bahwa menjadi orangtua adalah pekerjaan yang sangat berat dan melelahkan. Dari hasil penelitian terbukti membesarkan anak dan menjadi orangtua itu sangat membahagiakan.

Padahal penelitian terbaru dari psikolog di 3 universitas di Amerika Utara menemukan bahwa pasangan yang menjadi orangtua memiliki kadar kebahagiaan yang lebih besar dan hidupnya lebih berarti daripada pasangan yang tidak atau belum memiliki anak.

Penemuan ini menunjukkan bahwa orangtua akan merasa lebih bahagia saat mengasuh anak-anaknya daripada melakukan aktivitas harian lainnya.

Peneliti juga menunjukkan bahwa manfaat 'parenthood' atau menjadi orangtua tampaknya lebih konsisten terlihat pada pria yang lebih tua.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science tersebut menyatakan bahwa menjadi orangtua memberikan lebih banyak manfaat, meskipun membutuhkan tanggung jawab lebih besar.

Bahkan penelitian ini memunculkan perspektif evolusioner bahwa menjadi orang tua bisa jadi merupakan kebutuhan mendasar manusia.

"Serangkaian studi ini menunjukkan bahwa orantua bukanlah 'makhluk yang menyedihkan' seperti yang kita kira selama ini," ujar psikolog dari University of British Columbia, Prof. Elizabeth Dunn yang melakukan studi ini bersama koleganya dari University of California, Riverside and Stanford University seperti dilansir dari Health24, Rabu (23/5/2012).

"Jika Anda menghadiri sebuah pesta makan malam yang besar, temuan kami menunjukkan bahwa orangtua yang ada di dalam ruangan itu akan sama bahagianya atau lebih bahagia daripada tamu-tamu yang tidak memiliki anak".

Dalam studi, para peneliti menguji apakah orang tua merasa lebih bahagia daripada rekan-rekannya yang tidak memiliki anak; apakah orangtua merasa memiliki momen-momen dalam hidup yang lebih baik daripada pasangan yang bukan orangtua; dan apakah orangtua mengalami perasaan positif lebih besar ketika mengasuh anak-anaknya daripada melakukan aktivitas harian lainnya.

Konsistensi temuan ini didasarkan pada data dan partisipan di Amerika Serikat dan Kanada yang memberikan bukti kuat sekaligus menantang kepercayaan bahwa keberadaan anak-anak seringkali dikaitkan dengan penurunan kesejahteraan keluarga, ungkap peneliti.

Studi tersebut mengidentifikasi usia dan status pernikahan sebagai faktor kebahagiaan oran tua.

"Kami menemukan bahwa jika usia Anda lebih tua (dan diasumsikan lebih dewasa) dan menikah (dan diasumsikan memiliki dukungan sosial dan finansial yang memadai) maka Anda cenderung hidup lebih bahagia jika Anda memiliki anak dibandingkan rekan-rekan Anda yang tidak memilikinya," ujar peneliti lainnya, Sonja Lyubomirsky, profesor psikologi dari University of California, Riverside.

Namun temuan ini tidak berlaku bagi orang tua tunggal atau orang tua yang masih sangat muda.

Secara khusus, ayah adalah pihak yang menunjukkan kadar kebahagiaan, emosi positif dan arti hidup lebih besar daripada pasangan yang tak memiliki anak.

"Menariknya, kadar kebahagiaan yang lebih besar pada pasangan orang tua lebih konsisten ditemukan pada ayah ketimbang ibu," kata Dunn.

Para peneliti juga menemukan bahwa tekanan yang biasa dikaitkan pada kondisi orang tua tunggal tidaklah menghapuskan perasaan positif yang lebih besar karena memiliki anak.

"Namun kami tak mengatakan bahwa menjadi orangtua membuat semua orang bahagia, namun peran itu bisa dikaitkan dengan kebahagiaan dan arti hidup yang lebih besar," kata Lyubomirsky.
DetikHealth

10 Cara Alami Atasi Kesemutan

Jakarta, Akan sangat menyebalkan jika Anda mendapati koloni semut mengerumuni gula atau kue yang Anda simpan di dapur. Membasmi semut dengan menggunakan insektisida berbahaya bagi kesehatan Anda, oleh karena itu gunakan cara alami untuk mengatasinya.

Berikut 10 cara membasmi semut dengan cara alami seperti dilansir dari mnn, Rabu (23/5/2012) antara lain:

1. Air jeruk nipis
Semprotkan air perasan jeruk nipis di sekitar pintu atau jendela tempat masuknya semut. Bau asam jeruk nipis akan mengacaukan bau manis gula yang ditangkap semut.

2. Kayu manis
Taburkan bubuk kayu manis di sekitar pintu, jendela dan lantai yang menjadi jalan masuk semut ke dalam rumah. Penggunaan bubuk kayu manis untuk menghalau semut terbukti efektif, selain itu juga mudah dibersihkan.

3. Peppermint
Minyak esensial peppermint juga dapat mengusir semut. Jika Anda susah mendapatkan minyak esensial peppermint, Anda dapat menggunakan sabun cair beraroma mint. Campur dengan air dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada kerumunan semut.

4. Boraks, air dan gula
Campurlah boraks, air dan gula hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pasta boraks tersebut di tiap-tiap sudut rumah yang biasa dilalui semut. Semut akan membawa bongkahan-bongkahan pasta yang dikira gula tersebut ke dalam sarangnya tanpa mengetahui pasta tersebut mengandung racun boraks.

5. Air mendidih dan sabun cuci piring
Membasmi koloni semut dengan menyiram air panas merupakan cara yang lebih alami dan aman daripada penggunaan insektisida. Atau Anda juga dapat menggunakan botol semprot berisi air yang bercampur sabun cuci piring dan semprotkan pada kerumunan semut.

6. Kapur
Buatlah garis dengan kapur di sekitar jendela atau pintu yang menjadi jalan masuk semut. Semut-semut tidak akan mampu melewati garis kapur yang Anda buat.

7. Baking soda dan gula halus
Semut selalu menyertai dirinya dengan zat asam untuk perlindungan. Buatlah campuran baking soda dan gula halus dan letakkan pada tempat-tempat strategis. Rasa asam pada baking soda akan mengecoh semut, sehingga semut tidak akan meneruskan pencarian gula di rumah Anda.

8. Ampas kopi
Taburkan ampas kopi di sekitar jendela atau pintu yang menjadi jalan masuk semut ke rumah Anda.

9. Tepung jagung
Taburkan tepung jagung di sarang semut di halaman rumah Anda dan semut akan segera meninggalkan sarangnya.

10. Cuka
Tuangkan cuka di atas sarang semut dan semut tidak akan pernah kembali lagi ke sarangnya.
DetikHealth

Dunia Dikuasai Orang-Orang Bergolongan Darah O

Jakarta, Di setiap negara, golongan darah yang paling paling banyak ditemui tidak selalu sama tergantung etnis yang mendominasi. Namun secara umum, di seluruh dunia darah golongan O+ paling banyak ditemukan sementara golongan AB- paling jarang.

Berdasarkan faktor rhesusnya, golongan darah yang memiliki rhesus positif lebih banyak dibandingkan rhesus negatif, dengan perbandingan 85 persen dan 15 persen. Artinya golongan A+, B+, AB+ dan O+ secara umum lebih mudah ditemukan dibandingkan versi negatifnya.

Sementara dari semua jenis golongan darah yang dikenal, golongan darah O rhesus positif atau O+ adalah golongan darah paling banyak ditemukan yakni mencapai 35-40 persen dari populasi dunia. Golongan AB rhesus negatif atau AB- paling jarang ditemukan, hanya sekitar 0,45 persen dari populasi.

Tidak diketahui pasti apa sebabnya, namun masing-masing golongan darah memiliki dominasi sendiri di wilayah tertentu seperti dikutip dari NCBI, Selasa (8/5/2012) berikut ini:

Golongan Darah O: Amerika

Dibanding golongan darah lain, jumlah pemilik golongan darah O paling dominan di seluruh dunia terutama di Amerika dan Eropa Barat. Di antara penduduk asli Amerika Tengah dan Amerika Selatan, perbandingannya sangat tinggi hampir mendekati 100 persen.

Golongan Darah A: Eropa Timur dan Tengah

Negara-negara seperti Austria, Denmark, Norwegia dan Swiss memiliki perbandingan jumlah pemilik golongan darah A cukup tinggi, mencapai 45-50 persen. Juga di beberapa tempat yang populasinya tidak terlalu besar seperti suku Indian Blackfoot di Montana, perbandingannya mencapai 80 persen.

Golongan Darah B: Asia

Etnis China dan India paling banyak memiliki golongan darah B, kurang lebih mencapai 25 persen dari populasi. Golongan darah ini paling jarang ditemukan di kalangan penduduk asli Amerika dan Eropa, yakni hanya sekitar 10 persen.

Golongan Darah AB: Asia Timur

AB adalah golongan darah yang paling jarang dimiliki di seluruh dunia, namun paling banyak ditemukan di Jepang, Korea dan beberapa wilayah di China. Di beberapa tempat tersebut, perbandingan jumlahnya tak lebih dari 10 persen dari populasi.
detikHealth

Karakter Seseorang Berdasarkan Golongan Darah

Golongan darah A
1. Biasanya orang yang bergolongan darah A ini berkepala dingin, serius, sabar dan kalem atau cool, bahasa kerennya.
2. Orang yang bergolongan darah A ini mempunyai karakter yang tegas, bisa di andalkan dan dipercaya namun keras kepala.
3. Sebelum melakukan sesuatu mereka memikirkannya terlebih dahulu. Dan merencanakan segala sesuatunya secara matang. Mereka mengerjakan segalanya dengan sungguh-sungguh dan secara konsisten.
4. Mereka berusaha membuat diri mereka se wajar dan ideal mungkin.
5. Mereke bisa kelihatan menyendiri dan jauh dari orang-orang.
6. mereka mencoba menekan perasaan mereka dan karena sering melakukannya mereka terlihat tegar. Meskipun sebenarnya mereka mempunya sisi yang lembek seperti gugup dan lain sebagainya.
7. Mereka cenderung keras terhadap orang-orang yang tidak sependapat. Makanya mereka cenderung berada di sekitar orang-orang yang ber’temperamen’ sama.

Golongan darah B
1. Orang yang bergolongan darah B ini cenderung penasaran dan tertarik terhadap segalanya.
2. Mereka juga cenderung mempunyai terlalu banyak kegemaran dan hobby. Kalau sedang suka dengan sesuatu biasanya mereka menggebu-gebu namun cepat juga bosan.
3. Tapi biasanya mereka bisa memilih mana yang lebih penting dari sekian banyak hal yang di kerjakannya.
4. Mereka cenderung ingin menjadi nomor satu dalam berbagai hal ketimbang hanya dianggap rata-rata. Dan biasanya mereka cenderung melalaikan sesuatu jika terfokus dengan kesibukan yang lain. Dengan kata lain, mereka tidak bisa mengerjakan sesuatu secara berbarengan.
5. Mereka dari luar terlihat cemerlang, riang, bersemangat dan antusias. Namun sebenarnya hal itu semua sama sekali berbeda dengan yang ada didalam diri mereka.
6. Mereka bisa dikatakan sebagai orang yang tidak ingin bergaul dengan banyak orang.

Golongan darah O
1. Orang yang bergolongan darah O, mereka ini biasanya berperan dalam menciptakan gairah untuk suatu grup. Dan berperan dalam menciptakan suatu keharmonisan diantara para anggota grup tersebut.
2. Figur mereka terlihat sebagai orang yang menerima dan melaksakan sesuatu dengan tenang. Mereka pandai menutupi sesuatu sehingga mereka kelihatan selalu riang, damai dan tidak punya masalah sama sekali. Tapi kalau tidak tahan, mereka pasti akan mencari tempat atau orang untuk curhat (tempat mengadu).
3. Mereka biasanya pemurah (baik hati), senang berbuat kebajikan. Mereka dermawan dan tidak segan-segan mengeluarkan uang untuk orang lain.
4. Mereka biasanya di cintai oleh semua orang, “loved by all”. Tapi mereka sebenarnya keras kepala juga, dan secara rahasia mempunyai pendapatnya sendiri tentang berbagai hal.
5. Dilain pihak, mereka sangat fleksibel dan sangat mudah menerima hal-hal yang baru.
6. Mereka cenderung mudah di pengaruhi oleh orang lain dan oleh apa yang mereka lihat dari TV.
7. Mereka terlihat berkepala dingin dan terpercaya tapi mereka sering tergelincir dan membuat kesalahan yang besar karena kurang berhati-hati. Tapi hal itu yang menyebabkan orang yang bergolongan darah O ini di cintai..

Golongan darah AB
1. Orang yang bergolongan darah AB ini mempunyai perasaan yang sensitif, lembut.
2. Mereka penuh perhatian dengan perasaan orang lain dan selalu menghadapi orang lain dengan kepedulian serta kehati-hatian.
3. Disamping itu mereka keras dengan diri mereka sendiri juga dengan orang-orang yang dekat dengannya.
4. Mereka jadi cenderung kelihatan mempunyai dua kepribadian.
5. Mereka sering menjadi orang yang sentimen dan memikirkan sesuatu terlalu dalam.
6. Mereka mempunyai banyak teman, tapi mereka membutuhkan waktu untuk menyendiri untuk memikirkan persoalan-persoalan mereka.
http://iffasantika.wordpress.com

Teras Rumah Sederhana di Halaman Belakang

Bagi Anda yang memiliki lahan sisa di belakang, usahakan jangan dibiarkan begitu saja. Anda bisa membuat teras belakang rumah dengan memanfaatkan lahan sisa ini. Berdasarkan penempatannya, teras belakang rumah ini merupakan ruang yang fungsinya hampir sama dengan ruang keluarga.

Penutup Atap Struktur Kantilever

Agar terkesan ringan, penutup atap teras ini menggunakan struktur kantilever. Kelebihan struktur ini adalah tidak membutuhkan tempat yang luas untuk tumpuan strukturnya karena tumpuan kantilever hanya pada satu sisi.

Ada dua perkuatan yang digunakan untuk tumpuan stukturnya. Satu berada pada rangka atap yang dibaut ke dinding, dan kedua berada pada kekuatan tali baja yang dikaitkan dengan rangka atap dan dinding.

Tali baja sebaiknya disangkutkan pada rangka atap dengan jarak lebih dari setengah bentangan rangka dan kalau bisa sampai ujung rangka. Jarak yang jauh ini bertujuan agar atap tidak mudah melengkung ke bawah.

Karena bagian teras belakang rumah ini menghadap ke barat maka perlu diperhatikan juga besar penampang penutup atapnya sehingga ketika sore hari sinar matahari masih terhalang oleh penutup atapnya.

Pemilihan Material

Hendaknya pemilihan material untuk elemen dinding, lantai, atau penutup atapnya dipehatikan agar ketika berada di dalamnya Anda merasa nyaman. Sebaiknya material lantai dipilih yang tidak licin. Hal ini mengingat teras belakang rumah berada di luar ruangan sehingga rentan terkena air.

Demikian juga dengan material penutup atapnya. Agar terkesan tidak gelap, Anda bisa menggunakan material atap transparan seperti polikarbonat.

Semoga bermanfaat dan temukan informasi lain

Desain Dapur Merangkap Ruang Keluarga

Ingat serial TV The Cosby Show? Serial keluarga yang populer pada tahun 1980-an itu sering sekali menggunakan dapur sebagai setting. Sebagian besar kegiatan berawal dari dapur. Dapur dijadikan tempat berkumpul yang menyenangkan. Memasak, ngobrol, tukar pikiran, bahkan belajar pun sering dilakukan di tempat itu.

Ide menjadikan desain dapur bukan hanya sebagai tempat memasak sebenarnya bukan monopoli kebudayaan Barat. Seorang teman yang asli Betawi bercerita bahwa ketika ia masih kecil (tahun 1980-an), neneknya melakukan hal yang sama. Dapur si nenek yang berukuran sekitar 4 m x 5 m menjadi tempat yang asyik untuk berkumpulnya anggota keluarga. Di salah satu sisi desain dapur terdapat 2 buah kompor kecil, yang dulu berupa tungku kayu. Di sebelahnya ada gerobog (lemari keci, bisa juga kitchen set) untuk meletakkan bahan makanan. Bumbu-bumbu dan alat-alat kecil lainnya ditaruh di dake-dake (bilah-bilah kayu yang diletakkan di tembok).

Di sisi yang lain terdapat meja besar dari kayu yang digunakan untuk menyiapkan makanan. Di meja itu juga, cucu-cucu si nenek ini duduk sambil mengobrol dan memerhatikan beliau memasak. Kalau makanan sudah siap, meja itu beralih fungsi menjadi meja makan untuk semua anggota keluarga.

Seperti kebanyakan dapur masyarakat Betawi Tengah, dapur terhubung dengan teras belakang yang penuh dengan pohon salak dan nangka. Di sana, di bawah jendela berjeruji kayu, terdapat bale-bale. Konon, bale-bale ini sering digunakan para lelaki yang pulang milir (bekerja) untuk beristirahat sambil menunggu masakan istrinya. Bale-bale ini juga sering digunakan para ibu untuk memotong-motong sayuran sambil mengobrol dengan tetangga.

Dapur + Ruang MakanNah, jika ingin membuat dapur menjadi ruang keluarga yang menyenangkan, ikuti saja trik yang biasa digunakan para desainer, yaitu menggabungkan dapur dengan desain ruangan makan. Dengan cara ini, dapur terlihat lebih luas dan bisa menjadi desain ruangan multifungsi.

Interior ruang makan bisa digunakan untuk mewadahi kegiatan anak ketika sang ibu memasak. Jika dapur terletak terpisah, otomatis ibu mesti bolak-balik dari dan ke dapur demi menjaga si buah hati.

Fungsional, Nyaman, dan AmanSebagai tempat berkumpul, dapur mesti dibuat fungsional, nyaman, dan aman. Perhatikan penempatan setiap elemen dapur, termasuk tempat penyimpanan, bak cuci, dan tempat memasak (kompor). Agar dapat bekerja dengan nyaman dan aman, pisahkan antara zona memasak dan zona makan. Pastikan juga tersedia ruang sirkulasi yang cukup dari zona memasak ke zona makan, dan sebaliknya.

Pertukaran udara menjadi hal yang penting jika ingin dapur jadi tempat yang nyaman. Terbayang kan bila asap memenuhi dapur? Tentu tak seorang pun betah berlama-lama di sana. Jendela yang lebar atau sebuah cooker hood dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah asap di dapur.

“Let The View In”Setelah kebutuhan dasar terpenuhi, apalagi yang dapat dilakukan? Coba ingat kebiasaan bersantap anggota keluarga atau kenangan masa kecil Anda. Mungkin saja Anda terbiasa makan di alam bebas, atau malah terbiasa makan di pinggir sungai sambil mendengar gemericik air.

Anda bisa menghadirkan suasana alam itu di interior ruang dapur Anda. Bagi yang rumahnya bebas dari binatang pengganggu, bisa membuat dapur dan ruang makan terbuka, langsung berbatasan dengan taman. Tapi bagi Anda yang tidak mungkin membuat dapur terbuka, Anda bisa menggunakan jendela-jendela lebar. Intinya, biarkan pemandangan masuk sebanyak-banyaknya ke dalam arsitektur ruang dapur Anda. Dijamin, berkumpul di dapur akan jadi hal yang menyenangkan.

www.kompas.com

Perkembangan Fashion

Perkembangan fashion di bidang perhiasan
dengan manik manik saat ini Semakin pesat.
Bisa dikatakan
kerajinan desain manik yang telah ada sejak zaman dulu ini
semakin digemari.

Perhiasan merupakan pelengkap penampilan yang
akan selalu mengikuti mode desain manik.
Banyak yang memakai perhiasan yang mirip,
membuat kita ingin tampil dengan model desain manik manik yang berbeda.
Aksesori perhiasan manik yang tidak mendapatkan perawatan baik,
akan mengurangi kualitas penampilannya.
teknik penyimpanan dan perawatan perhiasan manik manik
agar perhiasan manik tetap terjaga dan tidak rusak.
Ikutilah tip-tip berikut ini.

1. Usahakan tiap aksesoris perhiasan manik memiliki
tempat tersendiri.
Jika tidak memiliki kotak yang berpetak-petak, bisa menggunakan
plastik kedap udara (zip lock bag/plastik obat).
2. Dapat menggunakan silica gel khusus logam untuk mencegah
pemudaran warna perhiasan manik manik.
3. Hindari sedapat mungkin kontak langsung desain manik manik dengan air,
keringat yang berlebihan, handbody, parfum atau bahan kimia lainnya.
4. Hindari penyimpanan yang mengenai sinar matahari langsung
dan suhu ruang lembap.
5. Simpan manik manik dalam keadaan kering.

Tips Belanja Baju

Sebelum belanja baju, anda harus mempunyai perencanaan. Periksa dulu lemari baju wanita anda. Pakaian wanita apa yang ada, apa yang kurang? Misalnya, blus merah berleher tinggi belum ada pasangannya atau aksesori wanita, dsb.

anggarkan belanja baju anda. Bila anda belanja pakaian wanita ke toko belanja baju online dengan jatah dua ratus ribu rupiah untuk sebuah pakaian wanita, anda lebih gampang mencarinya. Pergilah ke kelompok display baju wanita dua ratus ribuan. Begitu juga dengan aksesori wanita yang di pajang di belanja baju online.

berbelanjalah lebih awal. Untuk keperluan acara reuni sekolah, misalnya, anda pasti akan lebih lama memikirkan dan mengobrak-abrik jenis pakaian yang cocok di toko.
Kenakan pakaian yang cocok waktu berbelanja. Misalnya, mencari gaun dengan pasangan pakaian dalam (bra) tertentu maka bawalah jenis bra yang sama supaya ketika dicoba di kamar pas sudah sesuai benar.

berbelanjalah sendiri. Bila benar-benar ingin minta second opinion, taruhlah barangnya di rak tertentu atau titipkan kepada pramuniaganya, lalu kembali lagi dengan mengajak teman anda untuk dimintai pendapatnya.

tutup mata terhadap barang promosi di belanja online. Jika kita hanya butuh pakaian tertentu, jangan lihat kiri-kanan lagi. Barang promosi akan memancing kita membeli barang yang tak dibutuhkan.

minta bantuan pramuniaga. Tak ada salahnya minta bantuan pramuniaga untuk mencarikan barang yang dibutuhkan. Beri tahu saja instruksinya atau keinginan kita. Kita bakal banyak menghemat waktu. Hati-hati jangan membeli barang yang tak diperlukan.

coba, cobalah dulu. Membeli belanja baju murah harus teliti dengan memeriksanya secara cermat. Cobalah dipakai untuk berjalan, duduk, dan jongkok. Apakah ada jahitan yang putus, keliman mengerut, ritsleting macet, atau kancingnya hilang? Semuanya harus berfungsi normal.

gunakan cermin 3 sisi, kalau tersedia. Lihatlah dari semua sudut, kiri-kanan, atas-bawah.

waktu belanja baju murah, bawalah tas gantung untuk memudahkan gerakan kita. Jangan tas jinjing.

gunakan baju dan sepatu yang praktis untuk memudahkan kita sewaktu mencoba pakaian di kamar pas.

Dukung kampanye stop dreaming start action

http://planetdiskon.com

Antara Flu Burung, Telur & Obat Ilegal

Munculnya kembali wabah Flu Burung khususnya di Propinsi Sumatera Utara terutama pada Ayam Buras dan Burung Puyuh pada bulan Oktober 2006 sampai dengan Desember 2007 dibeberapa Kabupaten, mengakibatkan harga DOC (Broiler, Layer) serta harga ayam besar (Broiler) turun hingga titik terendah.Akibatnya, para peternak enggan untuk memulai kembali masuk ayam/pemeliharaan. Hal ini berlangsung hingga awal bulan Mei 2007. Harga telur juga mengalami kondisi yang tidak jauh berbeda sehingga mengakibatkan harga telur turun drastis.

Peta peternakan dan kesehatan hewan di Sumatera tersebut mendorong Forum Perunggasan Sumatera Utara (FORGAS) yang di dalamnya termasuk ASOHI Sumut sebagai anggota bekerja sama dengan Dinas/Instansi baik dari Dinas Peternakan maupun Karantina melaksanakan: Sosialisasi dan Pengawasan secara langsung lalu lintas ternak khususnya yang berbatasan langsung dengan Propinsi Sumatera Utara seperti Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Demikian disampaikan Ketua ASOHI Daerah Sumut Drh Anang Satoto belum lama ini.

Dengan berbagai sosialisasi yang diadakan termasuk seminar-seminar diberbagai kesempatan, maka kesadaran masyarakat peternak untuk melakukan vaksinasi AI serta peningkatan Bioscurity yang sebelumnya hanya dilakukan di layer komersil maka saat ini kesadaran tersebut sudah pula dilakukan di peternak broiler.

Adapun harga jual komoditi ternak seperti ayam besar dan telur konsumsi mengakibatkan bisnis obat hewan juga mengalami penurunan/lesu, karena banyak peternak yang menunda untuk masuk DOC. “Akan tetapi hingga kini kondisi serta situasi saat ini sudah mulai membaik kembali,” ungkap Drh Anang.

Malaysia Berulah di Bidang PeternakanSerbuan Negara tetangga Malaysia yang telah berlaku tidak bersahabat dalam berbagai bidang terhadap warga Negara Indonesia yang berada di Malaysia, perampasan pulau Sipadan dan Ligitan, perampasan hak kekayaan intelektual atas batik Indonesia, pemakaian lagu Rasa sayange untuk Jingle Pariwisata Malaysia, dll, pun ternyata berlaku juga di bidang peternakan dengan masuknya telur ilegal yang masuk dari Malaysia ke P. Batam. Hal ini pun mendorong masyarakat peternakan dan kesehatan hewan Sumut pun melaksanakan kunjungan ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bekerja sama dengan Karantina (Desember 2006) setempat karena kasus telur ilegal itu.

Dituturkan Anang Satoto, Forgas melakukan kunjungan dan pemantauan disebabkan adanya Telur Legal dari Malaysia yang masuk kembali ke P. Batam, tanpa melalui proses pemasukan sebagaimana ketentuan yang berlaku. Kondisi ini sangat mengkuatirkan para peternak di Sumatera Utara mengingat pada priode Mei-Juni negara tetangga Malaysia kembali mengalami Out Break sehingga dikuatirkan membawa dampak yang sangat serius bagi provinsi Sumatera Utara.

Pengawasan Obat HewanTerkait dengan upaya mengendalikan peredaran obat ilegal, masyarakat peternakan setempat pun meningkatkan kerjasama dan koordinasi dalam hal pengawasan obat hewan. ASOHI Daerah Sumut bekerja sama dengan Dinas Peternakan serta Karantina setempat. Perlu juga adanya meninjau toko obat hewan yang jual obat hewan apakah itu resmi atau illegal. Di sisi internal, “ASOHI Sumut meningkatkan peran aktif para anggotanya dalam pengawasan dan peredaran obat illegal,” tutur Drh Anang.

http://kedokteranhewan.blogspot.com

Tips Makanan Ringan Tetap Renyah

Aneka makanan ringan yang garing dan renyah bisa tahan lebih lama bila disimpan dalam wadah makanan ringan yang tepat. Wadah kedap udara seperti tupperware bisa dijadikan pilihan tepat bagi anda!

Kerupuk, keripik & emping
makanan snack goreng kerupuk atau emping sampai merekah, tiriskan di atas kertas roti. Setelah minyaknya tiris dan sudah dingin, baru masukkan ke dalam wadah kedap udara. Atau bila anda membeli makanan ringan snack, segera buka dan langsung disimpan di dalam wadah kedap udara. Sebab, bila makanan ringan yang renyah ini terlalu lama berada si tempat terbuka, akan mengakibatkan kerupuk atau emping mudah melempem.

Tupperware storage collection
canister makanan snack. Tutup ‘classic round’ pada canister, baik giant canister maupun deco canister merupakan jenis tutup yang cukup rapat menahan udara keluar dan masuk, sehingga makanan yang tersimpan di dalam wadahnya tahan lebih lama, terjaga kerenyahannya. Bila disimpan dapat disusun, sehingga menghemat penyimpanan. Cara menutup & membuka. Cara menutup, letakkan tutup di atas permukaan wadah makanan ringan snack, tekan tengah tutup dengan telapak tangan sampai berbunyi. Cara membukanya, tekan kembali bagian tengah tutup sambil mengangkat bagian pinggir tutup.

kiat membeli wadah plastik yang aman :

? jangan tergiur harga murah tetapi beresiko bagi kesehatan dan keselamatan
? gunakan wadah makanan snack plastik yang disertai jaminan mutu dan keamanan pangan dari lembaga berwenang, baik dari negara asalnya maupun lembaga resmi setempat
? pilih wadah makanan snack plastik dari merk terkenal yang digunakan di seluruh dunia selama puluhan tahunpastikan bahwa produk yang dibeli asli bukan tiruan
? belilah di perwakilan (dealer) resmi
? ikuti instruksi penggunaaan wadah secara konsisten

Dukung kampanye stop dreaming start action

Http://www.tabloidnova.com

Trik Dapatkan Tas Branded Original

Membeli tas branded original mamang perlu di cek dahulu sebelum membeli tak bisa sembarangan memilih tas jangan sampai tas branded yang anda beli adalah barang palsu, berikut ini ada beberapa tips untuk anda untuk membeli tas branded:

1. Harga Barang. Jangan pernah percaya barang bermerek asli harganya 30 persen di bawah harga asli.Barang seperti tas Louis Vuitton (LV) tidak pernah didiskon di outlet resminya.Merek Chanel di Asia jarang sekali diskon,kalau pun diskon biasanya barang yang sudah out of season. Contoh lainnya,jika sebuah butik menawarkan tas import Chloe seharga tiga juta rupiah,dipastikan itu palsu karena harga di outlet resmi sekitar Rp 15 juta. Seandainya diskon 50 persen pun,berarti harganya Rp 7,5 juta.

2. Struktur Tas. Sekalipun bahan tas import tersebut dari kanvas, parasut,atau kain,tas asli memiliki struktur yang kokoh.Pola jahitan dan pemasangan tulang rangka tas tersebut dengan sistem double stitch atau dijahit dengan benang rangkap dua dan dijahit dua kali.

3. Tas Pembungkus. Dustbag (tas pembungkus) yang asli memiliki bahan yang halus dengan ukuran lebih lebar dari tasnya.Sebaliknya,dustbag tas palsu ukurannya pas-pasan.Patut diperhatikan lagi, dustbag barang asli disertai lap pembersihnya (misalnya merek Chanel).

4. Retsleting. Perhatikan retsletingnya.Brand tas asli agak kasar dan biasanya kaitnya diembos dengan logo merek. Beda musim,biasanya beda pula model retsletingnya. Selain itu zipper tas bermerek punya ukuran standar berat dan dimensi tertentu.

5. Pelapis. Pelapis dalam tas asli LV biasanya terbuat dari bahan atau suede yang halus.Sementara itu,kain pelapis dalam tas Prada atau Gucci bermotif logo dan nama merek.Tiap season bisa berbeda.Kenali logo dan bentuk huruf merek tersebut karena yang palsu sering berbeda bentuk huruf,bahkan terbalik.

6. Nomor Seri Nomor seri biasanya tersembunyi di bagian dalam tas.Tidak hanya urutan angka saja,tapi ada artinya juga.Misalnya, LV SP0037 artinya dibuat bulan Maret tahun 2007. Letak nomor seri tiap model tas berbeda jadi periksa baik-baik barang yang anda beli.

7. Tulisan ‘Made in’ Tas Chanel pasti tulisannya made in Italy atau made in France.Ingat,bukan made in Paris,sedangkan flapbag Chanel semuanya made in France.

8. Tag Tag ada yang bentuknya seperti kartu kredit, berhologram,atau di-emboss.Untuk merek-merek tertentu,seperti Gucci,Chanel,atau LV,disertai buku kecil yang menerangkan jenis tas dan cara perawatannya.

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda saat membeli tas branded original
Di unduh dari: http://bebibluu.blogspot.com

Tau Ciri Tas Branded Tiruan

Tas branded memang banyak di sukai oleh kaum hawa tentunya karena tas adalah salah satu barang bawaan wanita saat pergi kemana-mana selain melihat fungsinya hal lain yang dapat dilihat adalah merk dari suatu barang dan juga kualitasnya, tapi bila tak mampu membeli tas branded yang original biasanya orang mencari tiruannya yang biasa disebut tas branded kw1 karena biasanya orang hanya ingin dilihat bahwa barang yang ia pakai adalah barang mahal padahal barang tersebut adalah tiruannya lalu bagaimanakah ciri-ciri tas branded kw1 berikut ciri-cirinya:

* bahan tas kulit biasa.
* tas import (biasa dari china atau hongkong).
* aksesoris tas kualitas semi super.
* sudah terdapat sertifikat dan nomer serial di dalam tas (kadang ini yang paling sulit untuk membedakan antara semi super dan super, dimana bisa saja pedagang tas “curang” menjual kualitas semi super dengan label super sehingga harganya semakin mahal.)
* selalu berbelanjalah di toko online yang benar-benar terpercaya.


Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda saat membeli tas branded
Di unduh dari: http://bebibluu.blogspot.com

PANDUAN SPMB-PTAIN 2012 STAIN Jurai Siwo Metro 2012

ikhwan & akhwat ingin info tentang pendaftaran STAIN Jurai siwo Metro, ana ada sedikit info ni, jika ikhwan & akhwat kurang paham, bisa di klik banner Logo STAIN di blog ana, nah ini info nya :

I. PENGERTIAN
SPMB-PTAIN adalah seleksi masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri
(UIN/IAIN/STAIN) melalui ujian tertulis yang dilakukan serentak secara nasional bersama
52 PTAIN di Indonesia di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
Kementerian Agama Republik Indonesia.
Penerimaan Mahasiswa Baru STAIN Jurai Siwo Metro 70% diambil melalui Jalur ini.

II. TUJUAN
1. Melakukan seleksi calon mahasiswa baru yang berkualitas secara akademis sehingga
mampu mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di PTAIN sesuai dengan batas
waktu dan ketentuan yang berlaku.
2. Melakukan perluasan akses pendidikan bagi manusia Indonesia tanpa membedakan
jenis kelamin, ras, suku, agama, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.
3. Menciptakan sistem penerimaan mahasiswa baru PTAIN yang valid dan handal
sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan yuridis.

III. PERSYARATAN
1. Lulus dari satuan pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Diniyah Ulya (Mu'adalah)
/Pendidikan Kesetaraan Paket C tahun 2010, 2011, dan 2012. Lulusan tahun 2010 dan
2011 harus memiliki ijazah satuan pendidikan bersangkutan dan lulusan tahun 2012
sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala
Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan
dibubuhi cap sekolah/madrasah.
2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses
pembelajaran di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri.
3. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

IV. JADWAL PELAKSANAAN
No. Kegiatan Tanggal
1. Pendaftaran secara online 1 Mei s.d. 15 Juni 2012
2. Pelaksanaan ujian tertulis 19 Juni 2012
3. Pengumuman hasil ujian 13 Juli 2012

V. PERGURUAN TINGGI PESERTA SPMB-PTAIN
WILAYAH II
1. STAIN Jurai Siwo Metro Lampung
Jl. Ki. Hajar Dewantoro 15-A Metro Lampung Tengah 34151
Telp. 0725-41057 Faks. 0725-4729716
2. Program Studi STAIN Jurai Siwo Metro
1 PAI (Pendidikan Agama Islam).
2 PBI (Pendidikan Bahasa Inggris).
3 PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah).
4 PBA (Pendidikan Bahasa Arab).
5 AS (Ahwalus Syakhiyyah/Hukum Perdata Islam).
6 EI (ekonomi Islam).
7 PBS (Perbankan Syariah).
8 HESy (Hukum Ekonomi Syariah).
9 KPI (Komunikasi Peyiaran Islam).

VI. LINTAS WILAYAH
Peserta dapat memilih program studi pada PTAIN di luar wilayah tempat peserta melakukan
pendaftaran (lintas wilayah) dan tidak perlu mengikuti ujian di PTAIN tempat program studi
yang menjadi pilihannya. Peserta dibolehkan memilih tempat ujian yang paling dekat dengan
domisilinya. (Lihat Daftar Perguruan Tinggi Peserta SPMB-PTAIN)

VII. CARA PEMBAYARAN DAN PENDAFTARAN
1. Pembayaran biaya ujian dapat dilakukan di Bank Mandiri terdekat
2. Calon peserta menyebutkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) pada saat
pembayaran di Bank Mandiri
3. Jika calon peserta tidak memiliki NISN, maka harus membawa identitas diri lain
(KTP/SIM/Kartu Pelajar/Kartu Keluarga) pada saat pembayaran biaya ujian di Bank
Mandiri
4. Calon peserta akan mendapat bukti pembayaran dari Bank yang dilengkapi dengan
UserID dan Password
5. Calon peserta menuju warnet untuk melakukan pendaftaran secara online dengan
membuka laman www.spmb-ptain.ac.id
6. Calon peserta memasukkan UserID dan Password pada Form Login
7. Calon peserta mengisi biodata pribadi, program studi yang dipilih, dan lokasi ujian
secara lengkap pada laman www.spmb-ptain.ac.id. Semua informasi yang diisikan
dalam borang/formulir ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian
borang/formulir ini berakibat pembatalan penerimaan peserta di PTAIN yang dituju
8. Bila isian sudah lengkap, calon peserta dinyatakan sebagai peserta sah SPMB-PTAIN
dan harus menyimpan file kartu tanda peserta ujian dan mencetak sebanyak 1 lembar
9. Pada kartu tanda peserta ujian tercantum nomor pendaftaran, nama peserta, program
studi yang dipilih, lokasi ujian, ruang ujian, dan jadwal ujian
spmb-ptain.ac.id
10. Setelah ditempel foto 3x4 cm, kartu tanda peserta ujian dan presensi ujian dibawa
pada saat ujian tertulis
11. Peserta juga membawa identitas diri lain (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Kartu Keluarga)
pada saat ujian tertulis
VIII. BIAYA UJIAN
1. Biaya ujian ditetapkan sebesar Rp150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah)
2. Uang ujian berikut berkas administrasi yang telah diserahkan kepada panitia tidak
dapat ditarik kembali
IX. JUMLAH PILIHAN
1. Setiap peserta dapat memilih maksimal tiga program studi
2. Urutan pilihan program studi merupakan prioritas pilihan
3. Peserta yang hanya memilih satu program studi, diperbolehkan memilih program
studi dari PTAIN di wilayah manapun
4. Peserta yang memilih dua program studi atau lebih, salah satu program studi yang
dipilih harus program studi dari PTAIN tempat peserta melakukan ujian tulis. Pilihan
program studi yang lain boleh dipilih dari PTAIN di wilayah lain
5. Daftar Kode, Nama Program Studi, dan Daya Tampung dari semua PTAIN akan
dicantumkan dalam laman www.spmb-ptain.ac.id
X. JENIS TES
1. Tes Potensi Akademik
2. Tes Bidang Studi Dasar
3. Tes Wawasan Keislaman
4. Tes Bidang Studi IPA
5. Tes Bidang Studi IPS

XI. PEMBOBOTAN HASIL UJIAN
Proporsi pembobotan penilaian meliputi:
1. Tes Potensi Akademik : 30%
2. Tes Bidang Studi Dasar : 15%
3. Tes Wawasan Keislaman : 15%
4. Tes Bidang Studi IPA/IPS : 40%
XII. PENILAIAN HASIL UJIAN
Untuk setiap soal yang dijawab benar akan mendapat nilai 4, sedangkan soal yang dijawab
salah akan mendapat nilai -1, dan soal yang tidak dijawab akan mendapat nilai 0. Jumlah nilai
yang didapat akan dijumlahkan yang selanjutnya akan dikonversi dalam skala 0-100 dengan
dua digit di belakang koma.
XII. PENGUMUMAN HASIL UJIAN
Hasil ujian akan diumumkan pada tanggal 13 Juli 2012 melalui laman www.spmb-ptain.ac.id
atau laman masing-masing PTAIN peserta SPMB-PTAIN, yang dapat diakses mulai pukul
00.00 WIB.

XIV. TATATERTIB PESERTA
SEBELUM UJIAN
1. Sehari sebelum ujian berlangsung peserta harus sudah tahu tempat, ruang dan waktu
ujian
2. Sebelum berangkat ke tempat ujian, peserta harus menyiapkan:
1. Pensil 2B yang sudah diraut secukupnya
2. Karet penghapus pensil
3. Peraut pensil
4. Balpoin
3. Membawa tanda peserta ujian dan tanda identitas diri lainnya (KTP,SIM, Kartu
Pelajar/Kartu Keluarga)
4. Harus sudah sampai di lokasi ujian 30 menit sebelum ujian dimulai
5. Duduk pada tempat duduk sesuai dengan nomor peserta
6. Meletakkan tanda peserta ujian di kursi dengan pasfoto menghadap ke atas
7. Masuk ke dalam ruang tidak diperbolehkan membawa:
1. Segala macam buku, catatan, dan kertas apapun
2. Segala macam alat hitung, antara lain kalkulator, mistar hitung, sempoa dan
lain sebagainya
3. Segala macam alat komunikasi elektronik antara lain radio komunikasi, handy
talkie, telepon genggam, alat bantu pendengaran, jam tangan digital, dan lain
sebagainya


SELAMA UJIAN BERLANGSUNG
1. Peserta tidak diperkenankan menyentuh soal sebelum ada tanda ujian dimulai
2. Pengawas akan meminta peserta ujian untuk membubuhkan tanda tangan pada album
bukti hadir dan LJU, dengan menggunakan balpoin
3. Sebelum ujian dimulai pengawas akan memberikan waktu kepada peserta ujian untuk
mengisi Nomor Peserta, Nama Peserta dan Kode Soal Ujian pada LJU
4. Untuk mengisi identitas peserta pada LJU, baca dan perhatikan petunjuk pengisian
LJU
5. Ujian dimulai secara serentak sesuai dengan jadwal waktu yang telah ditetapkan,
peserta ujian dipersilahkan membuka naskah soal ujian
6. Sebelum mengerjakan soal ujian, peserta memeriksa semua halaman naskah soal
ujian. Apabila ada halaman yang kurang, tidak terbaca atau kosong, maka laporkan
kepada pengawas untuk diganti dengan naskah soal ujian yang lengkap
7. Baca semua petunjuk ujian dengan tenang, teliti dan seksama
8. Semua soal ujian adalah seperti yang tercetak dalam naskah soal ujian. Tidak ada ralat
atau penjelasan lain
9. Selama ujian berlangsung tidak diperbolehkan bertanya tentang soal kepada siapapun
termasuk kepada pengawas ujian
10. Selama ujian berlangsung tidak diperkenankan meninggalkan ruang ujian sampai
dengan ujian dinyatakan selesai oleh pengawas ujian
11. Untuk menyelesaikan soal-soal hitungan, peserta bisa menggunakan bagian yang
kosong dari naskah soal ujian
12. Berpikir sebaik-baiknya sebelum menjawab setiap soal, karena setiap jawaban yang
salah akan:
1. mengakibatkan pengurangan nilai
2. Semua jawaban harus diisikan pada lembar jawaban ujian, komputer hanya
akan memeriksa jawaban yang tercantum pada lembar jawaban ujian
13. Jika peserta ujian telah menyelesaikan semua soal ujian sebelum waktu ujian habis,
dipersilahkan tetap duduk ditempatnya dengan menggunakan sisa waktu untuk
memeriksa hasil pekerjaan
14. Lima menit sebelum ujian berakhir, pengawas ujian akan memberikan peringatan
15. Peserta memeriksa sekali lagi, apakah semua petunjuk telah dilaksanakan dengan
benar

SETELAH SELESAI UJIAN
1. Setelah tanda ujian selesai diberikan, peserta harus berhenti mengerjakan soal
ujian
2. Peserta tetap duduk di tempat, sampai pengawas ujian selesai mengumpulkan
semua lembar jawaban ujian dan mempersilahkan peserta ujian untuk
meninggalkan ruang ujian


DAFTAR PERGURUAN TINGGI PESERTA SPMB-PTAIN
WILAYAH I
1. IAIN Sumatera Utara Medan
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate 20731
Telp. 061-6615683, 6622925 Faks. 061-6615683, www.iain-sumut.ac.id
2. UIN Sultan Syarif Qasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 94 PO. Box. 1004 Pekanbaru 28124
Telp. 0761- 26976, 23175 Faks. 0761-21129
3. IAIN Ar Raniry Banda Aceh
Jl. Darussalam Kotak Pos 76 Banda Aceh 23111 Telp. 0651-52922, 52921 Faks.
0651-52922
4. IAIN Imam Bonjol Padang
Jl. Jend. Sudirman No. 15 Padang, Sumatera Barat Kode Pos 25151
Telp. 0751-35711, 24435 Faks. 0751-20923
5. STAIN Malikussaleh Lhokseumawe
Jl. Tgk Chik Ditiro No. 9 Lhokseumawe Aceh Utara Telp. 0645-47267 Faks. 0645-
40329
6. STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa
Jl. AP. Meurandeh Langsa Timur Aceh Timur Nangroe Aceh Darussalam
7. STAIN Padangsidimpuan
Jl. Ade Irma Suryani Nst. No. 6 Padangsidimpuan Sumatera Utara 22725
Telp. 0634-22080 Faks. 0634-24022
8. STAIN Prof. Dr. Mahmud Yunus Batu Sangkar
Jl. Jend. Sudirman No. 137 Kubur Raya Lima Kaum Batusangkar Sumbar 25153
Telp. 0752-71150 Faks. 0752-71150
9. STAIN Syech M. Djamil Djambek Bukittinggi
Jl. Paninjauan Garegeh Koto Selayan, Bukittinggi Sumatera Barat 25253
Telp. 0752-33136 Faks. 0752-22875
WILAYAH II
2. IAIN Raden Fatah Palembang
Jl. Jend. Sudirman Km.3,5 Kotak Pos 54 Palembang 30126
Telp. 0711-354668 Faks. 0711-356209, www.raden-fatah.ac.id
3. IAIN Raden Intan Bandar Lampung
Jl. Letkol H. Endro Suratmin Sukarame I Bandar Lampung 35131
Telp. 0721-780887, 703531 Faks. 0721-780422
4. IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Jl. Arif Rahman Hakim Telanaipura Jambi 36122
Telp. 0741-60548, 60731 Faks. 0741-583183, 584118
5. STAIN Kerinci Jambi
Jl. Pelita IV/Baru Koto Lolo Sungai Penuh Kerinci 37111
Telp. 0748-21065, 22114 Faks. 0748-22114
6. STAIN Curup Bengkulu
Jl. AK Gani Kotak Pos 108 Curup Bengkulu 39119
Telp. 0732-21010 Faks. 0732-21010
PANDUAN SPMB-PTAIN 2012 || 7
STAIN Jurai Siwo Metro 2012
spmb-ptain.ac.id
7. STAIN Bengkulu
Jl. Pagar Dewa Air Sebakul Bengkulu 38613
Telp. 0736-51171 Faks. 0736-51172
8. STAIN Jurai Siwo Metro Lampung
Jl. Ki. Hajar Dewantoro 15-A Metro Lampung Tengah 34151
Telp. 0725-41057 Faks. 0725-4729716
9. STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik, Bangka Belitung
Jl. Diponegoro No. 1 Sungailiat Bangka 33215 Bangka Belitung
Telp. 0717-94578, 21467 Faks. 0717-325195
WILAYAH III
1. UIN Syarif Hidayatullah
Jl. Ir.H. Juanda No.95 Ciputat 15412 Jakarta Selatan
Telp. 021-7401925 Faks. 021-7402982, www.uinjkt.ac.id
2. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. Raya Cipadung No. 105 Ujung Berung Bandung 40614
Telp. 022-7810221, 7800525 Faks. 022-7803936, www.sunan-gunung-djati.ac.id
3. IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
d/a. Jl. Jend. Sudirman No. 30 Serang, Banten 42118
Telp. 0254-200323, 208849 Faks. 0254-200022
4. IAIN Cirebon
Jl. Perjuangan By Pass Cirebon 45121
Telp. 0231-480262 Faks. 0231-481264
5. STAIN Pontianak
Jl. Letjen Soeprapto No. 19 Pontianak Kal-Bar 78121
Telp. 0561-734170, 740601 Faks. 0561-734170
WILAYAH IV
1. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta 55281
Telp. 0274-589621, 0274-512474 Faks. 0274-586117
2. IAIN Walisongo Semarang
Jl. Walisongo No. 3-5 Tambakaji Ngalian Semarang 50185
Telp. 024-7604554, 7624334 Faks. 024-7601293
3. STAIN Pekalongan
Jl. Kusumabangsa No. 9 Pekalongan Jateng 51113
Telp. 0285-423418, 412575 Faks. 0285-423418, e-mail: stain-pkl@hotmail.com
4. STAIN Purwokerto
Jl. Jend. A. Yani No. 40-A Purwokerto Jateng 53111
Telp. 0281-635624, 628250 Faks. 0281-636553, www.stain-purwokerto.ac.id
5. IAIN Surakarta
Jl. Pandawa Pucangan Kartasura Sukoharjo Surakarta 57141
Telp. 0271-781516, 782773 Faks. 0271-782774, www.stain-surakarta.ac.id
6. STAIN Salatiga
Jl. Tentara Pelajar No. 2 Salatiga Jawa Tengah 50713
Telp. 0298-232706 Faks. 0298-323433, www.stain-salatiga.ac.id
PANDUAN SPMB-PTAIN 2012 || 8
STAIN Jurai Siwo Metro 2012
spmb-ptain.ac.id
7. STAIN Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po. BOX. 51 Kudus Jawa Tengah 59311
Telp. 0291-432677 Faks. 0291-441613
WILAYAH V
1. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jl. Gajayana No. 50 Dinoyo Malang 65144 Jawa Timur
Telp. 0341-551354 Faks. 0341-572533, www.uin-malang.ac.id
2. IAIN Sunan Ampel Surabaya
Jl. Jend. A. Yani No. 117 Tromol Pos 4/WO Surabaya 60237
Telp. 031-8410298, 031-8414258 Faks. 031-8413300, www.sunan-ampel.ac.id
3. IAIN Antasari Banjarmasin
Jl. Jend. A. Yani Km. 4,5 Banjarmasin Kal-Sel 70234
Telp.0511-251799, 252829 Faks. 0511-254344
4. IAIN Mataram
Jl. Pendidikan No. 35 Mataram NTB 83125
Telp. 0370-621298, 634490 Faks. 0370-625337
5. STAIN Jember
Jl. WR. Supratman No. 5 Jember Jawa Timur 68137
Telp. 0331-487550 Faks. 0331-427005
6. STAIN Pamekasan
Jl. Pahlawan Km. 4 Pamekasan 69371
Telp. 0324-322551, 333187 Faks. 0324-322551
7. STAIN Kediri
Jl. Sunan Ampel No. 7 Ngronggo Jawa Timur 68137
Telp. 0354-689282 Faks. 0354-689282
8. STAIN Tulungagung
Jl. Mayor Sujadi Timur No. 46 Tulungagung Jawa Timur 66221
Telp. 0355-321513 Faks. 0355-321656
9. STAIN Ponorogo
Jl. Pramuka No. 156 PO Box 116 Ponorogo Jatim 63471
Telp. 0352-481277 Faks. 0352-461893
10. STAIN Sultan Sulaiman Samarinda
Jl. KH. Abu Hasan No. 03 Samarinda Kaltim 75117
Telp. 0541-742193 Faks. 0541-206172
11. STAIN Palangkaraya
Jl. G. Obos Komplek Islamic Center Palangkaraya 95236
Telp. 0536-22105 Faks. 0536-22105
WILAYAH VI
1. UIN Alauddin Makasar
Jl. Sultan Alauddin No. 63 Kotak Pos 225 Makassar 90221
Telp. 0411-864928, 424835, 864923 Faks. 0411-864923
2. IAIN Sultan Amai Gorontalo Jl. Gelatik No. 1 Gorontalo Telp. 0435-821942, 822725
Faks. 0435-828866, 882398
3. IAIN Ambon
Jl. Dr. H. Tarmizi Taher Kebon Cengkeh Batu Merah Atas Ambon 97582
Telp. 0911-344816, Faks. 0911-344315
PANDUAN SPMB-PTAIN 2012 || 9
STAIN Jurai Siwo Metro 2012
spmb-ptain.ac.id
4. STAIN Manado
Jl. Camar V Perumnas Bawah Ronomuut Manado 97727
Telp. 0431-860616 Faks. 0431-850774
5. STAIN Dato Karama Palu
Jl. Diponegoro No. 23 Palu Sulawesi Tengah 94221
Telp. 0451-422390 Faks. 0451-428165
6. STAIN Pare-Pare
Jl. Bumi Harapan Soreang Parepare 91132
Telp. 0421-21307 Faks. 0421-24404
7. STAIN Watampone
Jl. HOS Cokroaminoto Watampone 92732 Sulawesi Selatan
Telp. 0481-21395 Faks. 0481-21398
8. STAIN Palopo
Jl. Dr. Ratulangi Palopo 91921 Sulawesi Selatan
Telp. 0471-22076, 21467 Faks. 0471-325195
9. STAIN Sultan Qoimuddin Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin Lepo-Lepo Kendari 93122
Telp. 0401-393711 Faks. 0401-393710
10. STAIN Ternate
Jl. Dufa-Dufa Pantai Ternate Maluku Utara 97727
Telp. 0921-21426 Faks. 0921-23773
11. STAIN al-Fatah Jayapura
Jl. Grilyawan No. 126 Komplek Masjid Ash-Sholihin Abepura Jayapura 99351
Telp. 0967-586931, Faks. 0967-586931
12. STAIN Sorong
Jl. Basuki Rahmat No. 40 Sorong Irian Jaya Barat
Telp. 0951-322133, Telp. 0951-322133, e-mail: stainsorong@yahoo.co.id

Orientasi Psikologi Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak

BAB I

A.LatarBelakang
Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang pendidikan nasional pasal 28 menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur formal, non formal, dan informal. Taman kanak-kanak adalah pendidikan anak usia dini pada jalur formal.
Usia 4-6 tahun, merupakan masa peka dalam perkembangan aspek berfikir logis anak. Anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensinya. Masa peka adalah masa terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi lingkungan dan mengasimilasikan atau menginternalisasikan ke dalam pribadinya. Masa ini merupakan masa awal perkembangan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diiri, disiplin, kemandirian seni, moral dan nilai-niali agama. Oleh karena itu dibutuhkan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangannya tercapai secara optimal.
Sejalan dengan hal tersebut di atas sesuai tekad pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mensukseskan gerakan disiplin nasional sejak usia taman kanak-kanak, anak sudah dibiasakan untuk berprilaku yang baik dan disiplin sesuai dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh agama, pemerintah dan masyarakat pada umumnya.











BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Konsep Pengembangan Pembiasaan
Pembiasaan (habituation) merupakan proses pembentukan sikap dan prilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang. Sikap atau prilaku yang menjadi kebiasaan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
a. Prilaku tersebut relatif menetap
b. Pembiasaan umumnya tidak memerlukan fungsi berfikir yang cukup tinggi, misalnya untuk dapat mengucapkan salam cukup fungsi berfikir berupa mengingat atau meniru saja.
c. Kebiasaan bukan sebagai hasil dari proses kematangan, tetapi sebagai akibat atau hasil pengalaman atau belajar.
d. Perilaku tersebut tampil secaraberulang-ulang sebagai respons terhadap stimulus yang sama.
Untuk menanamkan pembiasaan terhadap anak usia taman kanak-kanak, yaitu usia 4-6 tahun bersifat fleksibel, dan dapat dilaksanakan secara rutin, spontan dan terprogram.
A. Metode Pembelajaran Prilaku Melalui Pembiasaan
Untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif dalam rangka mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan anak di dalam melakukan pengembangan prilaku melalui pembiasaan sejak dini, menurut Campbell dan campbell dapat dilakukan dengan berbagai metode sebagai berikut:
1. Pengubahan Prilaku (behavior modification)
Metdoe ini merupakan suatu pengubahan prilaku yang berdasarkan atas prinsip-prinsip ‘penguatan’ (reinforcement). Metode ini biasanya berhasil untuk mengubah/mengurangi perilaku yang berlebihan dan membentuk perilaku yang belum ada pada individu.
2. Pembelajaran (instructional technique)
Metode ini dilakukan dengan memberikan instruksi yang spesifik dan konkret tentan perilaku yang dikehendaki. Instruksi-instruksi tersebut berfungsi untuk mengoreksi yang salah dari mengajarkan perilaku yang baru.
3. Berbasis hubungan (relationship-based)
Metode ini digunakan untuk membantu menciptakan suasana yang mendukung untuk dapat terjadi proses belajar. Metode ini bertujuan mempertahankan hubungan antara guru sebagai pelatih dengan anak dalam belajar terstruktur agar terjadi proses belajar yang efektif. Biasanya dapat digabungkan dengan metode pertama dan kedua. Untuk mempertahankan hubungan antaraguru dengan anak, antara lain dengan cara:
a. Dorongan empati, denga cara mendengarkan kesulitan-kesulitan anak dalam mengikuti belajar terstruktur, menghargai usaha anak, mendorong keterlibatan anak, dan sebagainya.
b. Identifikasi masalah anak, yaitu mengenali apa yang menjadi hambatan anak.
c. Mengurangi rasa keterancaman pada anak dalam situasi belajar terstruktur, antara lain menciptakan rasa aman, dengan kata-kata atau prilaku dan menyederhanakan prosedur.
4. Penguatan Kelompok (Group Reinforcement)
Penguatan kelompok merupakan referensi yang diberikan oleh. Kelompoknya (peer), khususnya pada remaja, jenis referensi ini penting karena mereka sangat mengacu kepada kelompok sebaya (peers). Metode ini pada umumnya digunakan untuk menjelaskan kepada anak yang ikut belajar terstruktur tentang apa yang hendak dicapai. Cara pemebelajaran ulang (reinstructional) dapat dipakai pula untuk memperjelas prilaku apa yang akan dibentuk. Penguatan kelompok dapat dilakukan dengan berbagai cara,yaitu:
a. Pemodelan (modeling), yaitu memberikan contoh prilaku apa yang diharapkan atau dengan perkataan lain belajar melalui imitasi.
b. Bermain Peran (role playing) sering dilakukan setelah modeling supaya jelas dan tidak terjadi kesalahan persepsi.
c. Simulasi (simulation) adalah kegiatan yang dilakukan untuk menggambarkan suatu situasi atau prilaku sebenarnya.
d. Balikan Penampilan (performance feedback) adalah informasi yang menggambarkan seberapa jauh hasil yang diperoleh dari role playing. Bentuknya dapat berupa reward, reinforcement, kritik, dan dorongan.
B. Dimensi Pengembangan Prilaku pada Anak
Ada beberapa pengembangan dimensi prilaku pada anak, yaitu:
1. Pengembangan perilaku moral
Perilaku moral dapat diartikan cara pikir atau cara pandang seseorang yang akan tercermin dalam pola pikir dan pola tindak seperti dalam bersikap, berbicara atau mempersepsikan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat dimana anak berada.

Pengembangan perilaku moral dipengaruhi oleh:
a. Keluarga sebagai sekolah pertama bagi anak
b. Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki tujuan menanamkan nilai budi pekerti dan sopan santun juga tentang aturan-aturan yang berlaku
c. Masyarakat mempengaruhi dalam pembentukan kepribadian anak melalui cara pandang dan perlakuan terhadap anak.

Penanaman sopan santun, tata krama dan budi pekerti yang paling baik dan efektif dilakukan sedini mungkin sebab perwujudan dan jiwa yang telah berisi nilai moral akan berkembang bersama nilai-nilai lain yang akan dijadikan nilai sebagai pedoman dalam perilaku keseharian.

2. Pengembangan Perilaku Disiplin
Perilaku didiplin adalah kemampuan seorang anak untuk menyeimbangkan antara pola pikir dan pola tindakan dikarenakan adanya situasi dan kondisi tertentu dengan pembatasan peraturan yang diperlukan terhadap dirinya oleh lingkungan dimana individu berada.



Tujuan perilaku disiplin pada anak:
a. Secara umum: membentuk perilaku sedemikian hingga akan sesuai dengan peran-peran yang ditetapkan kelompok budaya atau tempat individu itu diidentifikasi.
b. Jangka pendek: membuat anak terlatih dan terkontrol perilakunya dengan membelajarkan pada anak tingkah laku yang pantas dan tidak pantas atau yang masih baru/asing bagi mereka.
c. Jangka panjang: melatih pengendalian diri sendiri (self control and direction) yaitu dalam hal mana anak-anak dapat mengendalikan sendiri tanpa terpengaruh dan pengendalian dari luar.
Bentuk pendisiplinan pada anak TK
a. Disiplin pergi ke sekolah
b. Disiplin di sekolah
c. Disiplin merapikan mainan
d. Disiplin memakai pakaian dan sepatu
e. Disiplin bangun tidur
f. Disiplin waktu makan bersama
3. Pengembangan Perilaku Emosional
Perilaku emosional merupakan bagian dari kecerdasan emosional yang melibatkan perasaan dan emosi baik pada diri sendiri dan pada orang lain. Perilaku emosional ditunjukkan dengan kemampuan untuk memahami diri dan orang lain, mengungkapkan perasaan, mengendalikan amarah, sampai berempati pada orang lain.
Pentingnya pengembangan perilaku emosi, bagi anak usia TK
a. Sebagai bekal untuk mengatasi setiap persoalan yang penting dalam kehidupan.
b. Kecerdasan emosional perlu diajarkan di TK supaya anak-anak mempunyai peluang untuk memperoleh keterampilan yang akan membantu mereka menjadi lebih kebal terhadap tekanan-tekanan dan atau gangguan emosional lainnya. Sampai akhirnya anak mampu
mengendalikan dan mengelola emosinya dengan baik.

Ciri perilaku emosional pada anak TK, antara lain:
a. Lebih mudah bergaul
b. Menaruh minat pada kegiatan orang dewasa
c. Mampu menahan tangis dan kecewa
d. Menunjukkan rasa sayang
e. Minta di ceritakan dongeng dan di dendangkan lagu
f. Mulai melatih kemandirian
g. Mengenal sopan santun
h. Antusias saat belajar
i. Sabar menunggu giliran
Nilai-nilai yang terdapat dalam emosi anak, antara lain:
• Kemarahan Malu
• Kesedihan Gembira
• Afeksi Takut
• Cemburu Anxiety
• Empati Stress
Cara menumbuhkembangkan perilaku emosi wajar pada anak:
a. Bersikap empati pada anak
b. Mendengarkan ungkapan emosi pada anak
c. Mengungkapkan emosi lewat kata-kata
d. Mendengarkan musik indah dan teratur











BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Usia 4-6 tahun, merupakan masa peka dalam perkembangan aspek berfikir logis anak. Anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensinya. Masa peka adalah masa terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi lingkungan dan mengasimilasikan atau menginternalisasikan ke dalam pribadinya. Masa ini merupakan masa awal perkembangan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diiri, disiplin, kemandirian seni, moral dan nilai-niali agama. Oleh karena itu dibutuhkan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangannya tercapai secara optimal.
Peran orang tua, sekolah dan masyarakat sekitar sangatlah besar terhadap tumbuh kembangnya anak sehingga melahirkan generasi yang memiliki pola pikir dan pola tindak yang berdasarkan nilai-nilai moral yang baik.

DAFTAR PUSTAKA
Whitherington. 1999. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Indeks
Aqib,Zainal.2009. Belajar dan Pembelajaran di Taman Kanak-kanak:Yrama Widya
http://www.scribd.com/doc/17413295/Pembelajaran-Pembiasaan-Di-Tk

Senin, 14 Mei 2012

Bacaan Bilal Khutbah Jum'at

 


بلا ل خطبه جمعة
 
معاشر المسلمين وزمرة المؤمنين رحمكم الله . روى عن ابى هريرة رضى الله عنه . انه قال , قال رسول الله صلىالله عليه وسلم . اذا قلت لصاحبك يوم الجمعة انصت , والامام يخطب فقد لغوت . انصتوا واسمعوا واطيعوا رحمكم الله , انصتوا واسمعوا واطيعوا رحمكم الله , انصتوا واسمعوا لعلكم ترحمون .
دعا :
اللهم قو الاسلام والايما, من المسلمين والمسلمات , والمؤمنين والمؤمنات , ويسرهم على معاندالدين , واختم لنا منك بالخير , ويا خير الناصرين برحمتك ياارحم الراحمين .

Diberdayakan oleh Blogger.